Langkah Awal Memulai Bisnis : Beserta Penjelasannya

 

        Memulai bisnis bukan diatur dari umur remaja atau dewasa, ketika ingi terjuan di dunia bisnis berarti kita sudah  namun dari kemampuan kita dari mana kita bisa mulai sebuah bisnis.


1. Temukan masalah yang dihadapi pasar 

 source:Jojonomic
                                                                          

        Langkah pertama untuk memulai bisnis online yaitu kalian haru mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen, apa yang disukai, digemari, dicari.Dengan begitu kalian akan mudah memasarkan produk kalian.

2.Riset pasar

 source:Palontaraq
                                                                                    

        Nah selanjutnya, analisis pasar yang anda tuju dengan mengumpulkan data, menganalisis informasi tentang pasar, mengidentifikasi peluang dan masalah pasar agar aktivitas berjalan dengan efektif.

3.Analisis menggunakan SWOT

 source:Jurnal.id
                                                                                        

        Analisis SWOT terdiri dari Strenght, Weakness, Opportunity, Threaths atau kekuatan, kelemahan ,peluang dan ancaman.Kenapa perlu menggunakan SWOT?karena agar kita mempunyai strategi pemasaran yang tepat sasaran kepada konsumen.

4.Gunakan strategi STP

  a.Segementasi 

source:Blog Sribu
                                                                                    

        Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda.Adapapun segmentasi dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu 

(segmentasi perilaku) pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya , 

(segmentasi demografis) pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya, 

(segmentasi psikolografis) pengelompokan  konsumen terkait, seperti gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan semacamnya, 

(segmentasi geografis) pengelompokan konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya.

  b.Targeting

 source:Xendit
                                                                                       

        Targeting adalah kegiatan menilai dan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh perusahaan.Contohnya produk yang dijual itu untuk dijangkau siapa saja, target lokasi yang strategis, target demografis yang membeli produk dimulai usia berapa, target pasar kalian online (menjangkau media sosial) atau offline (mencakup masyarakat sekitar).

  c.Positioning

source:#not_MyNote
                                                                      

        Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk.Contohnya strategi yang mampu menciptakan persepsi konsumen terhadap segmen sasaran terkait sifat produk dan manfaat yang akan diperoleh dari pembelian terkait produk tersebut.

5.Cari modal

source:Entrepeneur

        Cari modal ini kalian bisa menjadi reseller atau menjadi jastip yang nanti uang itu bisa kalian pakai untuk modal bisnis online kalian sendiri.

6.Buat produk

source:Fastwork

        Setelah kalian tahu ingin memasarkan produk apa kepada konsumen setelah langsung eksekusi dan langsung membuat desain produk seperti apa, kemasan produk yang menarik agar konsumen tertarik, pemilihan produk agar tahan lama dan lain sebagainya.Namun, perlu ketahui dalam membuat produk diusahakan dengan matang agar nanti kalian tidak kerja 2 kali.

7.Pasarkan

source:Ayo Semarang

        Setelah kalian sudah memulai beberapa tahap kalian baru pasarkan.Produk kalian bisa dipasarkan melalui media sosial (online) atau offline.

8.Pertahankan pelanggan setia

source:Okezone Ekonomi

        Selalu meningkatkan kualitas produk dan berinovasi agar produk dapat selalu lebih unggul dari kompetitor lainnya demi untuk mempertahankan pelanggan setia

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis