Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya
Pengertian Bisnis Ritel
Bisnis Ritel adalah kegiatan usaha yang melibatkan transaksi penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan maupun eceran untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperjualbelikan kembali.
Kelebihan bisnis ritel adalah kegiatan perdagangan terkait penjualan barang secara langsung kepada konsumen terakhir. Adapun, semua barang dagangan tersebut akan dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.
Selain itu, sistem kerja yang biasa digunakan pada bisnis ritel adalah menghubungkan produsen utama (grosir besar) dengan konsumen yang melakukan pembelian barang dalam jumlah kecil maupun bentuk satuan.
Tujuan Bisnis Ritel
Pada dasarnya, tujuan bisnis ritel adalah memudahkan pelanggan untuk membeli produk dengan menyediakan persediaan yang cukup dan dikemas dalam ukuran lebih kecil. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
1. Menyediakan berbagai pilihan barang sesuai keinginan pembeli.
2. Menawarkan produk barang dalam ukuran unit yang lebih kecil agar para konsumen dapat mencukupi kebutuhannya.
3. Menjadi penghubung antara distributor dengan konsumen.
4. Mengumpulkan informasi mengenai berbagai jenis barang yang menjadi kebutuhan pelanggan.
- Warung Sembako.
- Toko Kelontong
- Agen Makanan
- Minimarket
- Online Shop
- Toko Sayuran.
- Chain Store
- General Store
- Supermarket












Komentar
Posting Komentar