Contoh Daur Hidup Produk pada Nokia
Daur hidup produk adalah suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari pasar.
.•Tahap pengenalan
•Tahap pertumbuhan
•Tahap kedewasaan
•Tahap penurunan
Contoh daur hidup produk pada Nokia:
Tahap pengenalan
Dalam tahap ini produk mulai dikenalkan pada masyarakat. Pada awal 1981, Nokia mulai meluncurkan produk pertamanya yang bernama Nordic Mobile Telephony(NMT). Jadi sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah Negara.
Tahap pertumbuhan
Tahapan ini dimana penjualan produk mulai mengalami peningkatan. Setelah produk pertama Nokia diperkenalkan ke pasar. Nokia mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Sehingga pada pertengahan tahun 1990-an produk Nokia menjadi yang nomor satu di dunia.
Tahap kedewasaan
Pada tahap ini penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan menjadi sangat ketat sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produk dengan model yang baru.Target penjualan sebanyak 500.000 unit berhasil diarih oleh Nokia pada tahun 1994. Produk Nokia tersebut berhasil terjual di 130 Negara.
Tahap penurunan
Pada tahap ini diakibatkan fitur dari produk Nokia yang sudah mulai tertinggal oleh produk pesaing seperti Blackberry, Apple, dan Samsung. Karena produk Android dan Blackberry lebih diminati oleh para konsumen sekarang. Hal tersebut dikarenakan produk-produk tersebut memiliki fitur yang lebih baik.
.png)
Komentar
Posting Komentar