Macam Macam Penataan Produk (Display)

 

source: yahoo.id


    Pemajangan produk (display) yaitu penataan produk yang ditata ditempat tertentu dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen untuk datang ke toko tersebut, menariknya produk yang dipajang maka akan banyak yang datang dan tertarik dengan produk tersebut.

1.Windows Display
source:yahoo

    Windows Display adalah pemajangan barang dagangan di etalase atau di jendela toko.Tujuan adanya windows display ialah menarik perhatian dan minat pengunjung sekaligus menjaga keamanan produk tersebut.Adapun fungsi windows display yaitu sebagai berikut:
  1. Untuk menarik perhatian pengunjung 
  2. Menimbulkan impluse buying 
  3. Memancing perhatian terhadap barang barang yang dijual ditoko
  4. Menyatakan kualitas produk yang baik dan ciri khas toko tersebut
  5. Menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasan toko

2.Interior Display
source:yahoo

    Interior Display adalah pemajangan produk didalam toko.Interior display banyak digunakan untuk barang barang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat banyak.Berikut macam macam interior display:
    
    A.Merchandise Display 
    Merchandise display adalah penempatan barang dagangan didalam toko yang terbagi menjadi tiga bagian :
    1.Open Interior Display 
ialah penataan barang dagangan dalam kegiatan usaha dimana barang diletakan secara terbuka sehingga konsumen bisa melihat secara langsung serta mengamati tanpa bantuan petugas toko.

    2.Close Interior Display 
ialah penataan barang dagangan dalam kegiatan usaha dimana barang diletakan dalam tempat yang tertentu, sehingga konsumen hanya bisa mengamati saja.Apabila konsumen tersebut ingin mengetahui maka perlu bantuan petugas toko tersebut.

   B.Architectural Display 
Architectural Display adalah penataan gambar yang menunjukan gambaran tentang penggunaan barang yang diperdagangkan, contohnya ruang tamu, kamar mandi, tempat tidur dan lain sebagainya.

  C.Store Sign and Decoration
Store Sign and Decoration merupakan simbol, tanda, lambang, gambar, poster dan semboyan yang diletakan diatas meja ataupun digantung dalam ruangan toko.Store sign ini dipakai untuk memberi arah kepada calon konsumen menuju arah barang dagangan serta informasi tentang kegunaan barang.

  D.Dealer Display 
Dealer Display merupakan simbol dan petunjuk petunjuk tentang penggunaan barang yang dibuat oleh produsen.

3.Eksterior Display
source:yahoo 

    Eksterior Display ialah pemajangan barang dagangan pada tempat tertentu diluar kegiatan usaha yang biasa digunakan.Pemajangan menggunakan sistem ini diperuntukan untuk promosi barang, pengenalan produk baru, dan penjualan istimewa seperti cuci gudang.Fungsi dari Eksterior ini yaitu : 
  1. Memperkenalkan produk secara cepat dan ekonomis 
  2. Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat luas
  3. Membantu mengkoordinir adversiting dan merchandising
  4. Mendistribusikan barang ke konsumen dengan cepat
4.Solari Display
source:yahoo

    Solari Display ialah penempatan barang dagangan dibagian Depaertment Store sebagai  daya tarik konsumen setelah masuk kedalam toko, contohnys seperti pakaian yang digunakan oleh model patung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis