Hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat perusahaan

 1. Bagian pertama pada suatu surat adalah kop surat biasanya terdiri dari

a. Nama lembaga

b. Logo/lambang lembaga

c. Alamat lembaga

d. No. Telepon lembaga

e. Kode pos dan fax lembaga (jika ada)

f. Alamat email dan website (jika ada)

2. Penulisan nomor surat biasanya meliputi

• Nomor urut surat

• kode surat tanggal, bulan, dan tahun surat.

Contohnya: 045/BNS/01/2017

3. Pada beberapa surat yang terdapat tampilan yang disertakan.

Bagian lampiran merupakan penjelas yang memberi informasi bahwa ada berkas atau dokumen lainnya disertakan dalam surat tersebut.

4. Bagian surat ke-4 yaitu hal atau perihal yang berfungsi untuk petunjuk pada pembaca tentang kepentingan dan isi pokok dalam surat tersebut singkatnya.Hal atau perihal hampir sama dengan judul pada surat berjudul.

5. Alamat tujuan merupakan alamat yang dituju dalam pengirim surat.

6. Salam pembuka yang berfungsi untuk membuka pembicaraan dalam surat sesuai adab sopan santun, dalam salam pembuka berisi sapaan pada umumnya.

7. Isi surat bagian ini merupakan bagian inti dari surat yakni surat yang perlu disampaikan oleh pengirim kepada orang atau lembaga yang dituju.

8. Salam penutup berada di bagian akhir surat penulisannya diawali huruf kapital dan diakhiri oleh tanda koma (,).

9. Nama pengirim atau tanda tangan.

10. Tembusan bagian surat yang menunjukkan pihak atau orang lain yang juga berhak mendapatkan surat tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis