Unsur-unsur Administrasi menurut Gie (2000)

 Menurut Gie (2000) unsur-unsur administrasi terdiri dari :

1. Pengorganisasian

Rangkaian perbuatan dalam menyusun suatu organisasi yang menjadi wadah atau tempat bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.

2. Manajemen

Rangkaian perbuatan dalam menggerakkan karyawan karyawan dan menyerahkan segena fasilitas kerja agar tujuan kerja sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai.

3. Tata hubungan

Rangkaian perbuatan dalam menyampaikan warta atau berita dari suatu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerjasama.

4. Kepegawaian

Rangkaian perbuatan dalam mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama.

5. Keuangan

Rangkaian perbuatan dalam mengelola segi-segi pembelajaran dalam usaha kerjasama.

6. Perbekalan

Perbuatan dalam mengadakan, mengatur, pemakaian, mendaftar, memelihara sampai menyingkirkan segenap perlengkapan.

7. Tata usaha

Rangkaian perbuatan dalam menghimpun, mencatat, mengolah, mengadakan, dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerjasama.

8. Perwakilan

Rangkaian perbuatan dalam menciptakan hubungan baik dan berusaha memperoleh dukungan dari masyarakat terhadap usaha kerjasama yang dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis