Apa itu Daur Hidup Produk : Tahap-Tahap dalam Daur Hidup Produk

 Pengertian Daur Hidup Produk

source:kajianpustaka.com

    Daur hidup produk menurupakan suatu konsep penting yang memberikan pemahaman dinamika kompetetif suatu produk. Produk juga memiliki siklus hidup layaknya manusia dan makhluk lainnya.Adapun daur hidup produk menurut para ahli:

    1.)Menurut Kotler dan Armstrong(2001:419) daur hidup produk/PLC(product life cycle)adalah perjalan penjualan dan laba suatu produk selama masa hidupnya.Hal tersebut meliputi lima tahap yang berbeda: Pengembangan produk, pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan.

    2.)Menurut Anderson dan Zeithaml (1984), product life cycle adalah suatu konsep penting yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian tahap dari suatu produk mulai dari tahap perkenalan (introduction) sampai produk tersebut mulai mengalami penurunan penjualan hingga akhirnya keluar dari pasar (decline).


Tahapan-Tahapan dalam Daur Hidup Produk


1. Tahap perkenalan (Introduction)

Tahapan Perkenalan adalah tahapan pertama dalam siklus hidup produk dimana produsen memperkenalkan produk barunya kepada pasar atau masyarakat umum. 

2. Tahap Pertumbuhan (Growth)

Pada tahap ini produk sudah mulai dikenal dan diterima oleh pasar dengan cepat. Sudah dikenali oleh pasar.

3. Tahap Pendewasaan (Maturity)

Persaingan semakin ketat dimana terdapat berbagai produk saingan yg memasuki pasar.

4. Tahap Kemunduran (Decline)

Tahap ini perusahaan sudah mengalami kemunduran atau penurunan, dimana harus diputuskan masih tetap dijual dipasaran atau ditarik kembali. Namun perusahaan mendesain kembali produknya atau mengurangi biaya-biayanya sehingga tetap dapat memberikan kontribusi pada perusahaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis