Beberapa peralatan dan perlengkapan untuk membuat penanganan surat berlangsung optimal
1. Baki surat ( tray )
Alat ini berguna sebagai tempat dari berkas yang ada, selain itu dapat berguna untuk berbagai jenis berkas menurut keperluannya.
2. Buku agenda surat masuk
Buku agenda ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan sistem buku agenda.
3.Buku agenda surat keluar
Buku agenda ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan sistem buku agenda.
4. Kartu kendali
Peralatan ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan sistem kartu kendali.
5. Secretaries Desk file
Kumpulan map dengan kode, jenis klasifikasi pekerjaan sesuai dengan kelompok berkas yang ditangani.
6.Alat Tulis
Contoh alat tulis antaralain, pulpen,pensil, penggaris, kertas, catatan,stapler, dan penjepit kertas.
7.Kertas dengan kop surat atau kertas polos dan amplop berbagai ukuran.
8.Alat Pembuka Surat
Depat berupa alat manual seperti pisau, gunting atau yang elektrik dengan mesin pemuka surat.
9.Stempel
Stempel tanggal terima dan stempel perusahaan.
10.buku ekspedisi yaitu buku yang digunakan sebagai pengantar surat dan terdapat tanda terima surat jika surat tersebut telah diterima.
11.Lembar Disposisi
Lembar isi ini untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Lembar ini digunakan pada pola sentralisasi. Pada pola disentralisasi,disposisi langsung pada suratnya.
Komentar
Posting Komentar