Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

 Pengertian Komunikasi Bisnis

source:yahoo

 Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.Menurut para ahli, komunikasi bisnis adalah : 
 
Rosenbalt
    Menurut Rosenbalt, komunikasi bisnis merupakan sebuah proses pertukaran ide-ide atau opini, informasi, perintah dan sejenisnya, yang diutarakan baik secara personal ataupun tidak melalui tanda-tanda atau simbol tertentu demi mencapai tujuan-tujuan perusahaan tertentu.

William Albig
    Menurut Albig, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran gagasan, pendapat, informasi, perintah tertentu yang memiliki tujuan tertentu (berhubungan dengan masalah bisnis) baik secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Wyne Murlin Baty
    Wyne Murlin Baty adalah orang yang membantu Himstrees merumuskan tentang komunikasi bisnis. Seperti rekannya, ia juga berpendapat bahwa komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut).

Tujuan Komunikasi Bisnis

    Secara umum, ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu; 
1. Memberi informasi (informing)
2. Melakukan persuasi (persuading)
3. Melakukan kolaborasi (collaborating)
4. Melakukan integrasi (intgrative) dengan audiens
5. Memberi Informasi (informing).

Fungsi Komunikasi Bisnis

1. Mengkomunikasikan Pekerjaan kepada Karyawan
2. Menyediakan Feedback yang Memadai
3. Meyakinkan Klien, Pelanggan, dan Rekan Bisnis Potensial
4. Memotivasi Karyawan dalam Membuat Keputusan yang Lebih Baik
5. Membangun Ikatan Sosial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis