Pengertian Segmentasi Pasar : Jenis- Jenis Segmentasi Pasar


source:ekonomi.bunghatta

Pengertian Segmentasi Pasar 

        Segmentasi pasar adalah strategi yang dilakukan oleh pemasaran berdasarkan kelompok atau target konsumen, pengelompokan segmentasi pasar ada 4 yaitu Demografis, Geografis, Psikografis dan Perilaku.

 Pengertian Segmentasi Pasar menurut para Ahli

Philip Kotler Dan Gary Amstrong

    Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli

McDonald Dan Dunbar

    Proses membagi pelanggan atau pelanggan potensial ke dalam kelompok- kelompok atau segmen-segmen yang berbeda, dengan tingkat kebutuhan yang sama atau sebanding dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan secara tepat

Eric Berkowitz

    Segmentasi pasar artinya membagi suatu pasar kedalam kelompok-kelompok yang jelas yang (1) memiliki kebutuhan yang sama, (2) memberikan respons yang sama terhadap suatu tindakan pemasaran.


Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

source:pengadaan

1.Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis mengacu kepada pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya.

2.Segmentasi Geografis

Segmentasi selanjutnya ada geografis yaitu pengelompokan konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya.

3.Segmentasi Psikografis

Segmentasi ini lebih cenderung berhubungan dengan aspek psikologis pelanggan.Umumnya, pelaksanaan segmentasi ini cukup rumit lantaran Anda wajib memahami selera target konsumen secara mendalam.Pada pengelompokannya itu adalah berdasarkan gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan semacamnya.

4.Segmentasi Perilaku 

Segmentasi terakhir ialah perilaku yang di kelompokan berdasarkan tingkah lakunya terhadap produk bisnis yang ditawarkan, mulai dari sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, serta penggunaan produk terkait dari seorang pelanggan. Biasanya, jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis