Syarat Penataan Produk

1. Bersih dan rapih 

Merupakan nilai jual yang harus diperhatikan demi menunjang kebersihan display.

2. Mudah dijangkau

Harus diletakan sesuai dengan penataan yang baik agar mudah terlihat, dicari dan dijangkau oleh konsumen.Hal ini merupakan persyaratan mutlak mengingat toko swalayan bersifat self service, artinya konsumen mengambil sendiri semua barang yang akan dibeli.

3. Lokasi yang tepat

Lokasi untuk memajang barang dalam supermarket sangat berpengaruh terhadap data tarik konsumen.

4. Aman

a. Para peritel biasanya tidak akan menempatkan barang barang yang mudah pecah disembarang tempat.

b. Barang mahal => closed display.

c. Barang ukuran kecil => di etalase.

d. Barang barang kaleng yang cukup berat ditempatkan pada tingkatan rak paling bawah.

5. Menarik

Penataan produk dapat memadukan model windows display, interior display, exterior display, perpaduan warna bentuk kemasan kegunaan.

6. Self service

Konsumen diberi kebebasan untuk memilih barang sendiri barang yang dibutuhkan tanpa bantuan dari pramuniaga.Hal ini perlu dihindarkan:

a. Barang kotor

b. Label barang hilang

c. Kemasan rusak

d. Berubah warna

e. Barang bocor, berlubang, robek 

f. Kemasan hancur

g. Kaleng berkarat atau penyok 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis