Syarat penataan produk

1. Bersih dan rapi

Kebersihan dan kerapian adalah menilai jual yang harus diperhatikan demi menunjang kebersihan display.

2. Mudah dijangkau

Display barang dagang harus diletakkan sesuai dengan penataan yang baik agar mudah terlihat, dicari dan dijangkau oleh konsumen. Ini merupakan persyaratan mutlak mengingat toko swalayan bersifat sel service, artinya konsumen mengambil sendiri semua barang yang akan dibeli.

3. Lokasinya tepat

Pemilihan lokasi untuk memajang barang dalam supermarket sangat berpengaruh terhadap daya tarik konsumen.

4. Aman

a. Para peritel biasanya tidak akan menempatkan barang-barang yang mudah pecah di sembarang tempat.

b. Barang yang mahal dipajang secara closed display.

c. Barang yang fisik ukurannya kecil biasanya dipajang etalase.

d. Barang-barang kaleng yang cukup berat ditempatkan pada tingkatan rak paling bawah

5. Menarik

Penataan produk dapat memadukan model display, interior display, eksterior display, perpaduan warna, bentuk kemasan, kegunaan barang, serta menambahkan kelengkapan display yang lain seperti POP, SKU,dll.

6. Self service

Konsumen diberi kebebasan untuk memilih dan mengambil sendiri barang yang dibutuhkan tanpa bantuan dari pramuniaga. Hal yang perlu dihindari dalam mendisplay barang yaitu:

a. Barang kotor

b. Label barang hilang

c. Kemasan rusak

d. Berubah warna

e. Kaleng berkarat atau penyok

f. Isi kemasan hancur

g. Barang bocor, berlubang, robek

h. Kadaluarsa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel : Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Tujuan Marketing Mix

Apa itu Distribusi? :Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis